Yusuf was a student of Batch 15 in the year of 2013. His interest in farming led him to learn about waste management for a few months then he took a challenge to do a pilot project on urban farming at the home of one of the TLF board members, Ibu Laksmi Djuwita, in Jakarta.

Read more...

CherryPerkenalkan nama saya Cherry Wahyudi asal saya dari Boyolali Jawa Tengah, cerita awal saya sebelum masuk ke The Learning Farm Yayasan Karang Widya, dulu saya seorang mafia dan setiap hari kerjaannya cuma berkelahi, miras, jailin orang dan pokoknya saya sudah di cap jelek oleh keluarga dan masyarakat. Sering kali masuk tahanan, tetapi karena saya masih anak di bawah umur akhirnya saya cuma di tahan berupa karantina saja, saya di tahan di karantina lumayan cukup lama kalau tidak salah saya di tahan selama 1 tahun, dan setelah pulang dari karantina saya ketemu dengan seseorang, dan akhirnya saya di ajak ke sebuah yayasan dan saya di situ di ajari banyak hal. Ajaran yang paling utama adalah sholat dan ngaji, belum lama saya tinggal di situ saya di tawarin sama ketua yayasan untuk sekolah pertanian organic di Jawa Barat, tanpa berpikir panjang saya ambil kesempatan tersebut, dan setelah sampai tempat tujuan ternyata lokasinya asik banget, sudah berada di area penginapan dan dekat pabrik teh lagi.....hehehe pokoke asyik banget deh.

Dan setelah sehari di sana ternyata tidak se enak apa yang saya bayang kan, di TLF Karang Widya pun masih ada tantangan yang belum saya rasakan yaitu bangun pagi, nyapu, ngepel dan banyak lah yang lainnya, yang dulu sering saya alami dan sampai sekarang teringat di pikiran saya tu kalau bangun tidur telat, kita di hukum lari sampai Cigombong adalah kenangan manis banget, tapi bukan itu saja. Kita di suruh buka lahan, aduuuh saya paling gak suka, sudah panas-panasan terus dan yang paling susah tempat bekas pembuangan sampah dibuat bedengan, dimulai kita mengambil sampah di situ, tapi karena di sana banyak teman jadi kita kerja sama mengerjakan semua sampai selesai. Tidak hanya buka lahan saja yang di ajarkan di TLF, ada persemaian, penanaman, perawatan, panen dan sampai pemasaran pun kita di ajak, tapi bukan itu saja. Di TLF selain belajar bertani juga belajar kehidupan, saya di Karang Widya banyak banget pengalaman dan perubahan pesat semenjak saya tinggal di Karang Widya terutama perubahan sikap dan perilaku, yang dulunya saya orang yang hina dan menjadi sampah masyarakat, sekarang Alhamdulilah sudah bisa lebih baik. Saat ini aktivitas saya bertani organik dan mengajarkan ilmu pertanian organik yang saya dapatkan di TLF ke masyarakat sekitar kampung tempat kami bermukim. Saya ingin masyarakat di kampung kami sehat & lingkungannya tidak ada pencemaran yang berasal dari efek pupuk kimia. Perubahan sikap & prilaku yang ada dalam diri saya tersebut membuat orang tua bangga, senang dan bahagia, yang tadinya orang tua tidak mengakui saya karena kelakuan yang sangat memalukan keluarga.

Home  |  About Us  |  Program  |  Product  |  News  |  Gallery  |  Contact us